...
no tags
Anggarini Paramita
23 May 2018

Jakarta, GoHitz.com - Selain dikenal dengan kuliner dan kopinya, Aceh juga diketahui memiliki objek wisata yang indah. Beragam objek wisata, baik wisata alam maupun wisata sejarah tersebar di provinsi berjuluk Serambi Mekah tersebut. 

Nah kali ini GoHitz akan membahas 5 objek wisata menarik yang ada di Provinsi Aceh. Kalau Sobat GoHitz berkesempatan berkunjung ke sana, jangan sampai melewatkan kelima objek wisata ini ya! 

1. Masjid Raya Baiturrahman

Foto: YouTube

Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid bersejarah yang ada di Aceh. Masjid ini dibangun di era Kesultanan Aceh, sekitar tahun 1292 M. Ada pula yang menyebut bahwa masjid ini dibangun tahun 1612 M. Masjid megah yang ada di pusat kota Aceh ini kini tidak hanya menjadi tempat beribadah umat muslim saja, tetapi juga menjadi pusat pengembangan aktivitas keislaman bagi masyarakat Aceh. 

2. Pantai Lampuuk

Foto: sengpaku.blogspot

Pantai Lampuuk cukup terkenal di Aceh. Pantai ini terletak di wilayah barat Aceh, atau tepatnya 15 kilometer dari Banda Aceh. Di sini pengunjung bisa menikmati beragam kegiatan seperti surfing, bermain banana boat, atau sekadar berenang dan bermain pasir di tepi pantai. Di sini juga terdapat area penangkaran penyu lho. 

3. Pulau Rubiah

Foto: gosumatera.com

Di wilayah kota Sabang, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh, terdapat sebuah pulau yang indah bernama pulau Rubiah. Pulau ini terkenal karena keindahan panorama bawah lautnya. Di pulau ini, pengunjung kebanyakan akan melakukan snorkeling atau diving untuk melihat aneka biota bawah laut yang mempesona, seperti terumbu karang, ataupun beragam ikan tropis, seperti angel fish, school of parrot fish, dan juga lion fish.

4. Museum Tsunami

Foto: abulyatama.ac.id

Salah satu objek wisata di Aceh yang terbilang baru, namun banyak dikunjungi adalah Museum Tsunami. Museum ini dibangun untuk memperingati tragedi tsunami yang menerjang Aceh pada Desember 2006 silam. Di Museum ini tersedia berbagai fasilitas, salah satunya adalah simulasi gempa bumi dan tsunami. Di museum ini juga terdapat nama-nama korban serta berbagai foto dan kisah menarik yang terjadi dalam peristiwa tsunami 12 tahun lalu tersebut. 

5. Air terjun Blang Kolam

Foto: lihat.co.id

Aceh juga memiliki beberapa wisata air terjun. Salah satunya yang terkenal adalah air terjun Blang Kolam. Air terjun ini terletak di kota Lhokseumawe. Lokasinya masih dikelilingi rimbunnya hutan yang sejuk. Sehingga pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini. Air terjun Blang Kolam memiliki tinggi 75 meter. Suara gemuruh air yang jatuh menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang hadir. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Pelbagai sumber

 

Baca Juga




Baca Juga

Berkaraoke Sampai Dinner Romantis di Kincir Ria Tertinggi di Indonesia
4 07 2018
3 Pesona Maribaya Lembang Yang Bikin Kepincut
16 07 2018
5 Hal Ini Harus Diperhatikan Untuk Yang Baru Pertama Kali Naik Gunung
14 07 2018
5 Obyek Wisata Ini Dipercaya Bisa Mendatangkan Jodoh, Jomblo Wajib Datang Nih!
11 07 2018