Dibaca 2623 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
21 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Biasanya saat hendak membuka rekening, Sobat Gohitz akan disodori setumpuk berkas persyaratan dan hal paling menjengkelkan adalah mengulang kembali proses penandatanganan lantaran bentuk tanda tangan berlainan dengan yang tertera di KTP.

Namun sekarang dengan diperkenalkannya aplikasi bernama PocketBank, hal-hal super ribet dalam pengurusan pembukaan rekening baru tinggal kenangan. PocketBank merupakan aplikasi hasil pengembangan dari PT Anabatic Digital Raya, anak usaha PT Anabatic Techologies Tbk, yang hadir guna menjawab tantangan transformasi bank digital.

Aplikasi revolusioner ini diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis keuangan di Indonesia, terutama bank dalam merespons kebutuhan beragam layanan perbankan digital seperti branchless banking, e-money, mobile banking, customer application dan yang menarik perhatian yakni aplikasi untuk agen asuransi.

“Bagi bank, PocketBank ini memberikan manfaat maksimal karena kini mereka tidak perlu lagi membuka banyak cabang dengan investasi tinggi. Karena melalui solusi ini, bank dapat mengakses target pasar mereka dengan sistem core banking mereka yang ada di saku nasabah,” ujar CEO PT Anabatic Digital Raya, Adriansyah Adnan kepada Gohitz di Jakarta.

Dia juga menambahkan bahwa solusi ini juga dapat menangkap semua informasi perilaku nasabah di mobile seperti informasi geografis ketika nasabah melakukan transaksi, mendeteksi OS dan tipe mobile mereka. Melalui data ini, bank dapat melakukan proses analytics terhadap perilaku nasabah mereka.

Sedangkan bagi nasabah, aplikasi PocketBank juga mampu mempermudah transaksi keuangan dan aktivitas perbankan yang mereka lakukan setiap hari. Cek saldo, transfer uang bahkan penarikan dana bisa dilakukan nasabah melalui aplikasi ini. Bahkan nasabah juga bisa melakukan transfer kepada individu yang tidak memiliki rekening bank sama sekali.

“PocketBank merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh pengguna jasa keuangan untuk melakukan transaksi keuangan di mobile, misalnya proses transfer, cek saldo, penarikan uang bahkan dapat memerankan peran perbankan seperti melakukan proses transfer ke seseorang yang tidak memiliki rekening di bank yang sama menggunakan penerima transfer melalui nomor telepon mobile dengan kode unik,” terang Adriansyah.

Lalu bagaimana dengan jaminan keamanannya? Jangan khawatir, PocketBank merupakan aplikasi yang menggunakan platform LinuxOne dari IBM yang dikenal sangat tangguh dan sulit ditembus oleh peretas yang ingin mencuri data keuangan sekaligus uang Sobat GoHitz.

“LinuxOne memiliki performanace handal, tingkat keamanan (security) yang tinggi, high availability yang di desain untuk meminimalisasi downtime, cloud ready, serta scalable yang memudahkan adanya pertumbuhan transaksi tanpa berdampak pada proses yang berjalan. LinuxOne yang mendukung kerja PocketBank akan memudahkan perusahaan untuk fokus memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya,” kata Country Manager Global Business Partner, Novan Adian.

PocketBank sendiri merupakan aplikasi mobile yang akan diadopsi serta digunakan bank-bank di Indonesia dan nantinya akan disebarkan kepada para nasabahnya dengan nama bank-bank tersebut. Sejauh ini aplikasi PocketBank sendiri telah digunakan oleh sejumlah bank di Indonesia, ASEAN dan Timur Tengah.

Selain memperkenalkan PocketBank, PT Anabatic Digital Raya juga melakukan penandatanganan MoU dengan IBM Indonesia guna membantu dunia perbankan Tanah Air melalui penggunaan aplikasi PocketBank.

“Kami sangat optimis jika melalui kerja sama dengan IBM Indonesia akan membantu dunia keuangan di Indonesia untuk semakin maju dan dapat memanfaatkan teknologi untuk bisnis yang efektif dan efisien melalui PocketBank,” tutur Direktur PT. Anabatic Technologies Tbk, Hendra Halim di Jakarta.

 

Teks & Foto : Suharsana Aji
     
     

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Game Puzzle Yang Terinspirasi Dari Tetris
28 07 2018
Layanan Sewa Pocket Wifi Ini Bikin Tur Dunia Pandji Makin Seru
25 07 2018
Pintaria, Cara Fleksibel Kuliah di Era Digital
24 07 2018
Grammar Pro, Fitur Baru Untuk Belajar Tata Bahasa Inggris
23 07 2018