...
no tags
Anggarini Paramita
1 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Tak banyak orang yang tahu jika sastrawan Goenawan Mohamad  juga memiliki ketertarikan dalam bidang seni lukis. Setidaknya inilah yang ditunjukkannya dalam sebuah pameran tunggal lukisan bertajuk "Warna" yang digelar pada tanggal 30 Mei - 20 Juni 2018 di butik Faber-Castell Plaza Senayan, Jakarta. 

Dalam pameran ini, seniman lintas zaman tersebut menghadirkan beberapa karya lukisan yang dibuat menggunakan produk dari produsen alat tulis kenamaan tersebut. Penyelenggaraan pameran ini bertujuan untuk memberikan inspirasi sekaligus jadi ajang latihan reka pesan tersirat yang ada di dalam setiap goresan karya Goenawan Mohamad.

"Ini bukan sekadar pameran tapi juga ajang untuk latihan reka pesan apa yang ingin disampaikan Goenawan Mohamad lewat lukisannya," ucap Yandramin Halim, Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia dalam pembukaan pameran lukisan "Warna", beberapa waktu lalu.

Dalam acara pembukaan pameran juga dihadiri oleh mantan Wakil Presiden Boediono dan aktor kawakan Slamet Rahardjo. Dari beberapa karya  yang ditampilkan Goenawan Mohamad, lukisan bergambar wayang potehi nampak mendominasi. Rupanya hal tersebut sengaja dipilih oleh Goenawan Mohamad.

"Saya tertarik sekali dengan wayang potehi. Dulu sempat dilarang di zaman orde baru. Sebelum akhirnya bangkit lagi di zaman Gus Dur," ujar Goenawan.

Dirinya mengatakan, tidak membutuhkan waktu persiapan yang lama untuk menggelar pameran tunggal lukisan ini. Sebab, beberapa karya lukisan juga pernah dipamerkan sebelumnya.

"Persiapan tidak lama karena ini bukan karya baru. Sebagian pernah juga dipamerkan di Jogja. Ada beberapa yang belum," jelas Goenawan. 

Teks : Yogi Rachman
Editor : Paramita
Foto : Kahfie Kamaru

 

Baca Juga




Baca Juga

'Potret Diri Sebagai Kaum Munafik', Persembahan Tisna Sanjaya di Usia 60 Tahun
21 07 2018
Immersive Dining: Kawinkan Pertunjukan Teater Dan Jamuan Makan
11 07 2018
Berkunjung Ke Pameran Seni Kekinian dan Instagramable Yuk!
10 07 2018
Mengasah Talenta Lewat Workshop Seni Di Museum Macan
10 07 2018