Dibaca 746 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
14 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Tampilan rumah tidak akan bisa terlihat bersih dan sedap dipandang tanpa lantai keramik yang berkilau. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lantai keramik sangat penting untuk dilakukan.

Membersihkan lantai keramik yang terkena noda membandel memang gampang-gampang susah. Perlu adanya 'treatment' khusus yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dilansir dari Boldsky, berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk merawat lantai keramik agar tetap kinclong.

1. Menggunakan amonia

Ambil ember berisi air panas dan tambahkan sekitar 1/4 cangkir amonia ke dalamnya. Masukkan kain pel ke dalam ember tersebut kemudian peras dan mulailah digunakan untuk membersihkan lantai. Menggunakan cairan amonia dapat membersihkan noda kuning pada lantai keramik. Dengan begitu, lantai rumah Sobat GoHitz bisa kembali bersih dan bersinar.

2. Menggunakan boraks, cuka dan amonia

Cara berikutnya dengan menggunakan campuran boraks, cuka dan amonia. Campurkan 1/4 cangkir boraks, setengah cangkir cuka dan setengah cangkir amonia ke dalam ember berisi air panas. Gunakan campuran ini untuk mengelap lantai keramik yang terkena noda membandel. Cara ini cukup efektif untuk menjaga lantai tetap kinclong.

3. Menggunakan cuka

Cuka memiliki manfaat untuk membantu membersihkan keramik lantai. Selain itu, cuka juga bisa membuat lantai menjadi harum. Cara menggunakannya dengan mencampurkan cuka putih secukupnya ke dalam ember berisi air panas, kemudian aduk rata. Gunakan larutan ini untuk membersihkan lantai keramik yang kotor.

4. Menggunakan baking soda

Baking soda juga bermanfaat untuk mengatasi noda membandel pada lantai keramik. Campurkan baking soda dengan air panas secukupnya lalu aduk hingga kental dan menjadi pasta. Kemudian ambil sikat gigi dan oleskan pada pasta tersebut, lalu mulailah digunakan untuk menyikat noda membandel pada ubin. Biarkan selama sekitar 10 menit lalu bersihkan dengan air panas. Ulangi metode ini hingga lantai keramik bersih dan berkilau.

5. Menggunakan campuran air dan hidrogen peroksida

Campuran air dan hidrogen peroksida juga bisa membantu membuat lantai keramik menjadi bersih dan kinclong. Campurkan air dan hidrogen peroksida dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan pada lantai yang bernoda. Biarkan larutan tersebut menempel pada lantai selama sekitar 30 menit.  Ulangi proses ini bila masih diperlukan.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Trik Ini Sulap Ruangan Kecil Jadi Tampak Luas
4 08 2018
Bingung Memilih Lantai Untuk Garasi, Baca Nih Panduannya
2 08 2018
4 Cara Ini Terbukti Ampuh Usir Rayap Dari Furnitur
26 07 2018
5 Inspirasi Agar Dinding Rumah Tak Terkesan Kosong
24 07 2018