...
no tags
Anggarini Paramita
16 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Saat seorang perempuan memutuskan untuk menikah dengan pria yang telah memiliki anak, maka perempuan tersebut harus siap menjadi ibu tiri. 

Tak mudah memang menjadi seorang ibu tiri. Stigma bahwa ibu tiri adalah sosok yang jahat sudah terlanjur melekat di benak masyarakat. 

Tapi meskipun begitu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang ibu tiri yang baik. Berikut GoHitz telah merangkum 5 kiat menjadi ibu tiri yang baik dan disayangi oleh anak dari sang suami. 

1. Berikan perhatian selayaknya anak sendiri

Meskipun bukan anak kandung, seorang ibu tiri sebaiknya tetap memperlakukan anak tiri selayaknya anak sendiri. Bila nanti sang ibu tiri telah memiliki anak dari sang suami, jangan membeda-bedakan perlakuan antara anak kandung dan anak tiri. 

2. Jalin hubungan baik dengan ibu kandung si anak

Cobalah menjalin hubungan baik dengan ibu kandung dari si anak. Dari situ, ibu tiri bisa banyak belajar tentang bagaimana memperlakukan anak tirinya.. 

3. Jangan paksa anak memanggil "mama"

Ibu tiri harus paham bahwa tidak mudah menggantikan posisi ibu kandung untuk anak tirinya. Oleh karena itu, janganlah sakit hati bila anak tiri enggan memanggi dengan sebutan mama atau ibu. Jika anak tiri lebih nyaman memanggil dengan panggilan tante, maka ibu tiri harus menerimanya. 

4. Perbanyak quality time

Momen quality time bersama keluarga menjadi waktu yang tepat bagi ibu tiri untuk "mengambil hati" anak tirinya. Berikan kejutan-kejutan kecil agar si anak senang dan bahagia. 

5. Jangan bersikap berlebihan bila anak melakukan salah 

Sebagai orang tua, menegur anak ketika melakukan kesalahan adalah hal yang lumrah. Tapi sebaiknya jangan menegur secara berlebihan, apalagi hingga melakukan kekerasan fisik. Bila anak melakukan kesalahan yang cukup fatal, sebaiknya beritahu kepada sang suami. Biarlah suami yang menegur. Hal ini untuk menghindari munculnya rasa benci anak kepada ibu tiri.

Teks  : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018
5 Cara Terbaik Rayakan Hari Ayah Sedunia
18 06 2018
Bikin Kangen, 5 Hal Romantis Gaya Pacaran Anak Muda Zaman Dulu
8 06 2018
Begini Cara Pria Single Agar Pede di Hadapan Perempuan Pujaan
29 05 2018