Dibaca 543 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
21 December 2017

Jakarta, GoHitz.com - Ibu adalah tempat pertama di mana anak belajar. Oleh karena itu, peran ibu sangat penting dalam membentuk karakter anak. 

Untuk mengantar anak menuju masa depan, tidak hanya ilmu saja yang diberikan. Terkadang, kaum ibu lupa bahwa mental kuat dari orangtua juga akan membantu pembentukan karakter seorang anak. 

Maya Miranda Ambarsari, pemilik Rumah Belajar Miranda, memberikan contoh bagaimana seorang ibu harus kuat merelakan anak yang menempuh pendidikan di kota yang berbeda. Sebab, untuk menjadikan anak yang sukses dan berjiwa besar, seorang ibu harus dengan ikhlas mendukung anak dari belakang.

"Mental ibunya juga harus kuat. Jadi jangan salah, bukan anaknya saja yang bermental kuat. Intinya, jadi ibu itu jangan membendung kemauan dan kemampuan anak. Lihat kemampuan anak dan dukung, jangan pernah mengekang," ungkap Maya ditemui dalam acara Malam Panda Jaya angkatan 28 SMA Taruna Nusantara di gedung PTIK, Jakarta, Selasa (19/12).

Maya sendiri memiliki anak yang berusia baru berusia 15 tahun, namun dia harus merelakan sang anak mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Taruna Nusantara adalah sekolah yang berisi anak-anak berprestasi dari seluruh Indonesia. Untuk bisa bersekolah di sini pun tidak mudah, sebab harus melalui tes yang sulit. Makanya, bisa bersekolah di sini pun menjadi sebuah kebanggaan. 

Maya mengungkapkan, awalnya tidak mudah untuk menerima keputusan sang anak untuk bersekolah di sana. Rasa khawatir pun menghantuinya. Namun, setiap ibu pasti menginginkan anak yang sukses dan mampu meraih impiannya. Maka, Maya pun berusaha untuk berjiwa besar. 

"Saya sangat terharu melihat anak saya menampilkan bakat. Ini adalah kado terbesar yang saya rasakan sebagai ibu. Kali ini baru saya benar - benar merayakan Hari Ibu," ucap Maya.

Maya juga berpesan kepada para ibu lainnya agar tidak mudah panik dan stres jika harus terpisah jarak dengan anak. Yang terpenting adalah selalu mendoakan sang buah hati. 

"Percayakan saja kepada sekolah dan para pendidik. Karena pada dasarnya, anak-anak akan berkembang dan mandiri dengan sendirinya. Kita sebagai orangtua harus terus mendoakan," tutup dia.

 

Editor & Foto : Maria Cicilia Galuh
     
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Begini Cara Membangkitkan Nafsu Makan Si Kecil
4 08 2018
Ini Lho Pentingnya 1000 Hari Pertama Pada Kehidupan Anak
3 08 2018
Begini Cara Bikin Anak Pendiam Jadi Lebih Terbuka
25 07 2018
11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018