Dibaca 614 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
7 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Festival Lebaran Betawi yang menghadirkan aneka seni, kuliner dan budaya khas Betawi kembali digelar di Tangerang Selatan (Tangsel), Banten yang kali ini mengusung tema “Menggali Seni, budaya dan Tradisi Betawi dalam Industri Pariwisata”.

“Kami berharap ini bisa terus dilaksanakan dan ditingkatkan agar Lebaran Betawi Tangsel ini bukan  hanya sektor budaya yang terus dipertahankan tetapi juga menumbuhkan sektor ekonomi,” ujar Ketua  Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (LIMABETA) Hambali Ibnu Mansyur kepada Gohitz di Jurang Mangu Barat, Tangerang Selatan.

Beliau juga menambahkan bahwa acara Lebaran Betawi Tangsel ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha atau entrepreneur bagi masyarakat sekitar dengan panitia menyediakan beberapa stand untuk pedagang-pedagang lokal.

“Dunia bergerak menuju industri pariwisata, kalau kita tidak ikut berangkat kita akan tertinggal. Kita mulai dari apa yang kita punya, budaya Betawi salah satunya yang punya potensi tinggi. Tinggal bagaimana cara kita mengemasnya,” tutur Ketua LIMABETA tersebut.

Festival Lebaran Betawi Tangsel yang memasuki tahun keempat ini, dimulai dengan Festival Rampak Bedug dan talkshow penuh wawasan yakni Kongkow Budaya Betawi pada Jumat 6 Juli yang dihadiri sejumlah tokoh budaya Betawi Tangerang Selatan, termasuk Budayawan Betawi Babeh Ridwan Saidi.

Festival budaya yang berlangsung selama tiga hari ini juga menghadirkan aneka seni, budaya dan kuliner khas Betawi seperti prosesi Palang Pintu, Tari Sirih Kuning, dan sejumlah kuliner yakni kerak telor serta bir pletok yang memesona pengunjung event tersebut.

 

Teks : Suharsana Aji
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

Once Bakal Nonton Pertandingan Renang Secara Langsung Di Asian Games
21 07 2018
Mau Nonton Mission Impossible: Fallout Dijemput Pakai Helikopter? Begini Caranya
21 07 2018
Jun Kasama Siap Hadir Di AFA Jakarta 2018
19 07 2018
Chief Barber Voyage 2018 Emban Misi Ungkap Sejarah Barbershop Indonesia
19 07 2018