...
no tags
Maria Cicilia Galuh
11 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Karir Mira Indria dalam dunia mode Indonesia kian bersinar. Koleksi rancangan busana couture yang menjadi ciri khasnya berhasil mencuri perhatian penikmat mode baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Namun siapa sangka jalan karir wanita asal Bandung di dunia mode terjadi secara tak sengaja.

Awalnya, Mira yang tidak memiliki latar belakang pendidikan fashion ini hanya gemar bereksperimen merancang busana untuk dirinya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, Mira akhirnya belajar teknik desain couture. Hingga pada akhirnya, dia mendapat tawaran mengikuti fashion show di Amsterdam. Dari sinilah karirnya di dunia fashion dimulai.

"Saya dapat kesempatan untuk fashion show sekitar 3,5 tahun lalu di Amsterdam, dikarenakan waktu itu ada satu desainer yang enggak bisa ikut. Waktu itu saya enggak pede karena mikir saya bukan desainer. Saya tidak bikin baju tapi bisa jahit. Saya juga tidak pergi ke sekolah desain, tapi saya hanya bisa jahit aja," ucap Mira Indria kepada GoHitz.

"Dengan kesempatan itu jadi tertantang bikin beberapa desain. Selama dua Minggu bikin 10 desain baju dan Alhamdulillah selesai. Habis itu langsung pergi show di sana," sambung Mira.

Perjuangan Mira pun berbuah hasil. Sebab selepas mengikuti fashion show tersebut, jalan Mira sebagai desainer kian terbuka. Busana hasil rancangannya diminati oleh pelaku industri fashion yang kebetulan hadir melihat. Tawaran demi tawaran untuk menggelar fashion show pun semakin berdatangan.

Mira sendiri memang terkenal dengan rancangan gaunnya yang berkelas, elegan, dan glamor. Setiap gaun yang dihasilkan dikerjakan secara handmade dengan proses pembuatan yang tidak sebentar. Mira mengaku koleksinya terinspirasi dari kebaya.

"Baju couture itu saya bikin terinspirasi dari lihat kebaya Indonesia. Saya memang suka kebaya. Saya ingin bikin yang berbeda dan simpel. Cutting-nya kalau dilihat itu cutting kebaya tapi lebih modern. Saya desain lebih modern," ujarnya.

Koleksinya ini juga eksklusif karena setiap gaun hanya dibuat satu saja. Tidak dibuat secara massal. Hal inilah yang sempat menimbulkan kekhawatiran mengenai peminat dari busana yang dihasilkannya.

"Waktu awal-awal sempat dibilang baju saya susah pasarnya. Tapi saya yakin pasti ada pasarnya dan Alhamdulillah memang ada. Mungkin lebih ke wedding, lebih ke acara party," kata Mira.

Koleksi busana Mira Indria juga telah dipakai oleh sederet publik figur terkenal Tanah Air dan juga mancanegara. Beberapa pagelaran fashion internasional juga telah diikutinya. Seperti Couture Fashion Week New York dan yang terbaru di Global Fashion Week di Budapest, Hongaria.

Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan fashion, Mira Indria berhasil membuktikan dengan kerja kerasnya. Kreatif dan inovatif dalam mengeluarkan karya menjadi kunci suksesnya sebagai desainer.

"Di zaman sosial media seperti sekarang inspirasi bisa datang dari mana aja. Di situ sebagai desainer memang harus kreatif dan push agar beda dari yang lain. Mungkin dari pemilihan warna atau konsep," ungkapnya.

Mira pun tidak ingin berpuas diri dengan segala keberhasilan yang diraihnya sekarang. Dia pun bertekad untuk terus berkarya mengembangkan karirnya. Kedepan bukan cuma busana couture saja, Mira juga berencana untuk membuat koleksi ready-to-wear.

"Saya nggak akan berhenti berkarya. Pasti akan keluarin sesuatu yang baru dengan aplikasi yang baru. Intinya untuk membuat wanita cantik," tutupnya.

 

Teks : Yogi Rachman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Kahfie Kamaru

 

Baca Juga




Baca Juga

Ternyata Dian Pelangi Terinspirasi Dengan Baju Wakanda
31 05 2018
Cerita Rinaldy Yunardi Tentang Karyanya yang Dikenakan oleh Madonna
29 05 2018
3 Desainer Ini Bakal Kenalkan Kain Peradaban Nusantara Di Paris
8 05 2018
Anne Avantie Hadirkan Konsep Baru di Pasar Tiban
2 05 2018