...
no tags
Maria Cicilia Galuh
20 December 2017

Jakarta, GoHitz.com - Banyak wilayah di Indonesia saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Pada musim hujan seperti ini, para pengendara, khususnya pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati. Sebab, jalanan akan cenderung menjadi lebih licin dan jarak pandang terbatas ketika hujan sedang mengguyur. 

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, pihak Kepolisian Republik Indonesia memberikan himbauan berupa empat tips berkendara di saat hujan bagi para pengendara sepeda motor. Apa sajakah tipsnya? Berikut GoHitz akan informasikan satu per satu. 

1. Perhatikan tekanan udara pada ban

Tips pertama adalah memperhatikan tekanan udara pada ban. Kondisi tekanan udara ban yang cukup dapat mengurangi resiko tergelincir saat sedang berada di jalan. 

2. Jangan menggunakan jas hujan jenis ponco

Jas hujan jenis ponco sebaiknya jangan dikenakan karena dianggap berbahaya. Jas hujan jenis ini, rawan tersangkut pada roda motor yang bisa mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal. 

3. Nyalakan lampu utama

Lampu utama pada kendaraan sepeda motor sebaiknya dinyalakan. Lampu ini dapat membantu penglihatan jarak pandang yang baik saat hujan bagi para pengendara. 

4. Kurangi kecepatan kendaraan

Pada musim hujan jalanan akan cenderung lebih licin. Maka dari itu, mengendarai kendaraan dalam kecepatan rendah akan membuat cengkeraman ban pada aspal menjadi lebih baik. 

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Motorcyclecenter.net
Sumber : Humas Polda Metro Jaya

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Tren Otomotif yang Bakal Hitz di 2018
27 12 2017
Alasan Dian Sastro Pilih Mobil Ini
21 10 2017
Wow! Pesanan MPV Keluaran Mitsubishi Lebih dari 23.000 Unit
3 10 2017
Motor Keren Ini Didesain Khusus Bagi Kaum Hawa
30 09 2017