...
no tags
Anggarini Paramita
11 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit para pemudik untuk pergi ke kampung halaman. Namun tentu saja mudik menggunakan sepeda motor memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu perlu berbagai persiapan agar perjalanan mudik dengan sepeda motor menjadi lancar. Berikut GoHitz berikan beberapa ulasannya.

Kenali rute yang dilalui

Pertama, yang perlu dipersiapkan oleh para pemudik sepeda motor adalah mempelajari rute yang akan dilalui. Hal ini sangat penting agar perjalanan mudik berjalan lancar. Sobat GoHitz bisa manfaatkan kecanggihan teknologi dengan mencari tahu rute yang dilalui lewat aplikasi. Sehingga nantinya ada gambaran mengenai situasi di perjalanan, kondisi lalu lintas, dan jalur alternatif yang bisa digunakan agar dapat mengurangi kemungkinan tersasar dalam perjalanan.

Perhatikan berat muatan

Sudah menjadi pemandangan umum para pemudik selalu membawa barang-barang dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan. Apalagi, kalau bukan menyangkut berat muatan yang dibawa. Hal ini bertujuan agar perjalanan mudik tidak terganggu. Sebab, berat muatan yang berlebihan akan mengganggu manuver ketika berkendara sepeda motor.

Cek kondisi motor

Pastikan terlebih dahulu kondisi sepeda motor yang digunakan untuk mudik sudah aman dan layak jalan. Sobat GoHitz bisa terlebih dahulu melakukan servis sepeda motor di bengkel. Bagian-bagian penting dalam kendaraan seperti roda, kampas rem, busi, lampu, dan mesin harus dipastikan dalm kondisi terbaik.

Gunakan peralatan standar

Sebagai pengendara sepeda motor tentu wajib untuk menggunakan peralata standar ketika berkendara. Pengendara wajib menggunakan helm standar SNI, jaket, dan sarung tangan. Tujuannya jelas untuk faktor keamanan dan juga agar perjalanan mudik ke kampung halaman berjalan lancar.

Atur waktu istirahat

Terakhir, yang perlu diingat oleh para pengendara adalah agar tidak memaksakan diri. Jangan hanya karena ingin cepat sampai tujuan tapi justru malah celaka akibat terlalu lelah berkendara. Oleh sebab itu, pengendara harus pandai mengatur waktu istirahat. Idealnya adalah beristirahat setiap berkendara selama dua jam tanpa henti.

Teks : Yogi Rachman
Editor : Paramita
Foto : Pelbagai sumber

 

 

Baca Juga




Baca Juga

Bidbox, Cara Baru Membeli Mobil Dengan Sentuhan Jari
7 08 2018
Mobil Ini Punya Kursi Penumpang Untuk Penyandang Disabilitas
6 08 2018
Mobile Masjid, Permudah Untuk Cari Tempat Salat
5 08 2018
Gaet Kalangan Milenial, Gini Cara Vespa Rangkul Pelanggan
1 08 2018