Dibaca 513 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
17 December 2017

Jakarta, GoHitz.com - Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Divisi Pemberitaan Foto Antara bekerjasama dengan Museum Bronbeek dan Arsip Nasional meluncurkan buku fotografi "HistoRI Masa Depan". Peluncuran buku fotografi ini merupakan dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke-80 LKBN Antara.

Buku fotografi edisi terakhir dari trilogi "HistoRI Masa Depan" ini berkisah tentang perjalanan bangsa Indonesia yang penuh gejolak. Sebanyak 328 foto dirangkai secara kronologis oleh kurator GFJA Oscar Motuloh dan Direktur Pemberitaan Foto Hermanus Prihatna.

"Pada malam ini kami bersyukur bahwa kami bisa meluncurkan sebuah buku, sebuah instrospeksi, sebuah catatan sejarah, dan juga sebagai bahan inspirasi mengenai photo jurnalistik mengenai tujuh Presiden terakhir," ucap Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat dalam acara peluncuran buku "HistoRI Masa Depan" di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta, Jumat (15/12).

Foto-foto yang dirangkai dalam buku ini merupakan hasil dari riset panjang dengan tujuan menyegarkan kembali ingatan serta wawasan generasi muda mengenai perjalanan sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang diabadikan melalui foto.

"Di dalam buku ini juga jangan lupa ada sebuah booklet kecil. Booklet kecil ini adalah kumpulan foto dan kumpulan catatan sejarah mengenai panitia sebelum badan persiapan kemerdekaan Indonesia," ujar Meidyatama. 

Acara peluncuran buku ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan monolog "10 Windu Antara" oleh Tyo Pakusadewo, diiringi oleh petikan harpa dari Maya Hasan. Pertunjukan monolog ini disutradarai oleh Jay Subiakto dan Irfan Ramli sebagai penulis naskahnya.

Selain itu, 60 foto yang ada di dalam buku "HistoRI Masa Depan" edisi terakhir ini juga dipamerkan di GFJA. Pameran yang berlangsung dari  15 Desember 2017 hingga 4 Februari 2018 ini dapat dinikmati secara gratis bagi pengunjung.

Teks : Yogi Rachman
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rochman

Baca Juga




Baca Juga

Jackie Chan akan Luncurkan Buku Memoar Never Grow Up
16 06 2018
5 Novel Cinta Islami Populer Ini Cocok untuk Menunggu Waktu Buka Puasa
30 05 2018
Marvel Akan Buat Komik Tentang Mentor Han Solo Muda
24 05 2018
Kisah Pahlawan Keumalahayati Dijadikan Komik
22 05 2018