...
no tags
Maria Cicilia Galuh
5 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Bagi pasangan yang memiliki masalah kesuburan, ada dua metode perawatan populer yang bisa dijalani untuk meningkatkan kemungkinan hamil. Dua metode perawatan tersebut adalah inseminasi buatan atau juga disebut intrauterine insemination (IUI) dan program bayi tabung yang disebut dengan In Vitro fertilization (IVF)

Dalam penerapannya, kedua metode ini memiliki prosedur perawatan yang berbeda. Dilansir dari laman Boldsky, ini perbedaan antara inseminasi buatan dan bayi tabung.

Prosedur Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan atau IUI adalah pengobatan untuk menyembuhkan kemandulan pada pasangan. IUI ini adalah salah satu metode artifisial yang dikembangkan secara medis yang dapat membantumu untuk hamil. Perawatan ini lebih sering digunakan untuk perawatan kesuburan awal. Dalam inseminasi buatan, sperma motil yang terkonsentrasi dimasukkan langsung ke dalam rahim wanita. Prosedur ini biasanya dilakukan ketika pasangan pria memiliki sperma yang lebih lemah.

Langkah-langkah Prosedur Inseminasi Buatan

1. Dilakukan teknik yang disebut 'mencuci'. Teknik ini memproses sperma, di mana sperma yang mati dan lambat akan dihilangkan, sehingga tercipta sperma motilitas yang sangat terkonsentrasi. Sperma ini meningkatkan kemungkinan konsepsi.

2. Prosedur ini dilakukan selama periode ovulasi dan dapat dilakukan satu hingga dua kali pada hari-hari setelah ovulasi dimulai.

3. Sperma yang baik akan langsung dimasukkan ke dalam serviks wanita. Injeksi diberikan langsung setelah periode ovulasi, ketika telur wanita masuk ke dalam tuba fallopi. Sekarang, kemungkinan sperma berkualitas tinggi bertemu dengan telur menjadi semakin besar.

4. Waktu terbaik untuk memasukkan sperma ke wanita adalah tepat sebelum menstruasi atau tepat setelah menstruasi berakhir.

5. Dokter juga dapat memberikan obat-obatan oral selama proses ini untuk meningkatkan kemungkinan hamil.

Prosedur Bayi Tabung

Prosesnya dengan mengumpulkan sperma dan telur terbaik dari pria dan wanita lalu dibuahi secara In vitro, yakni di luar rahim. Proses ini menelan biaya yang lebih mahal dibanding inseminasi buatan. Begini cara kerjanya.

1. Proses dimulai dengan stimulasi ovarium untuk menghasilkan banyak telur sekaligus.

2. Pengambilan telur dilakukan dengan mengeluarkan telur dari indung telur. 

3. Sebelum pembuahan, pasangan pria atau donor harus memberikan sampel sperma. Pembuahan telur dilakukan di laboratorium.

4. Telur yang dibuahi kemudian dibiakkan di laboratorium IVF selama 3 sampai 5 hari, hingga mereka membentuk embrio (sel telur mulai membelah dan berkembang biak).

5. Embrio yang dihasilkan kemudian ditransfer ke dalam rahim wanita. Perawatan ini umumnya dilakukan ketika ada masalah dengan sistem produksi wanita. 

Manfaat Inseminasi Buatan dan Bayi Tabung

1. Bayi tabung adalah perawatan kesuburan paling mahal dibandingkan dengan inseminasi buatan.

2. Bayi tabung adalah perawatan kesuburan yang paling berhasil dibanding dengan inseminasi buatan.

3. Proses yang diikuti dalam program bayi tabung lebih kompleks dan memakan waktu dibanding proses inseminasi buatan.

4. Prosedur yang diikuti dalam program bayi tabung lebih 'menyakitkan' bagi wanita dibanding inseminasi buatan.

5. Biasanya, tingkat keberhasilan inseminasi buatan berada di angka 5% dan 20%. Kemungkinan hamil akan lebih besar ketika pasien menjalani perawatan inseminasi buatan dibarengi dengan mengonsumsi beberapa obat kesuburan.

6. Kemungkinan hamil pada program bayi tabung didasari oleh faktor-faktor yang terkait dengan kualitas laboratorium IVF, usia wanita dan penyebab infertilitas atau kemandulan. 

7. Inseminasi buatan hanya melibatkan satu suntikan dan beberapa obat untuk membuat wanita hamil, sedangkan bayi tabung mengharuskan wanita untuk menerima beberapa suntikan dalam jangka waktu 8-12 hari.

Kedua metode ini memiliki prosedurnya masing-masing.  Jadi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mendiskusikan dan memutuskan mana yang paling nyaman dan cocok untuk Sobat GoHitz.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Sukses Menyusui Sampai 3,5 Tahun, Ini Rahasia Widi Mulia
21 07 2018
Ini Lho Manfaat Mencuci Wajah 2 Kali Sehari
19 07 2018
Meski Pahit, Madu Hitam Punya 5 Khasiat Yang Luar Biasa
17 07 2018
5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menyebabkan Timbulnya Nyeri Punggung
11 07 2018