...
no tags
Maria Cicilia Galuh
12 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Pisang merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Selain rasanya yang lezat, buah berwarna kuning ini kaya kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya untuk Kecantikan.

Pisang diketahui memiliki manfaat untuk kecantikan rambut dan kulit. Kandungan vitamin A di dalamnya dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Buah ini juga membantu meningkatkan daya tahan kulit terhadap sinar ultraviolet serta mengurangi munculnya kerutan.

Pisang juga diketahui mengandung zat-zat penghidrasi yang membantu menjaga kulit kepala tetap lembab dan memberi kelembutan pada rambut. Untuk memanfaatkan khasiat buah pisang ini, Sobat GoHitz bisa mengolahnya menjadi masker. Dilansir dari Boldsky, berikut lima manfaat pisang untuk kecantikan rambut dan kulit besarnya cara mengolahnya menjadi masker.

1. Untuk mencerahkan kulit

Pisang bermanfaat untuk membantu memudarkan noda-noda hitam dan kusam pada wajah. Cara membuat maskernya cukup mudah. Siapkan pisang dan satu sendok teh madu. Potong pisang menjadi potongan kecil lalu blender hingga menjadi pasta. Tambahkan madu dan aduk hingga rata. Oleskan pasta ini pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, masker ini bisa digunakan sekali dalam seminggu.

2. Mengobati jerawat

Apakah Sobat GoHitz memiliki masalah dengan jerawat? Jika iya, bisa mengatasinya dengan mengunakan masker pisang ini. Caranya cukup mudah. Siapkan pisang, satu sendok teh madu dan satu sendok teh jus lemon. Potong pisang lalu haluskan hingga menjadi pasta menggunakan blender. Tambahkan madu dan jus lemon ke dalamnya lalu aduk rata. Oleskan masker ini ke seluruh bagian wajah atau area yang terdampak lalu diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

3. Untuk mengatasi kulit kering 

Pisang memiliki manfaat untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Untuk memperoleh khasiatnya, kamu bisa membuat masker pisang. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah setengah potong pisang, 1 sendok oatmeal, 1 sendok madu dan satu sendok kuning telur. Cara membuatnya dengan menghaluskan pisang kemudian dicampur dengan oatmeal bubuk, madu dan kuning telur. Aduk hingga rata. Oleskan masker ini pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu. Bila dilakukan secara teratur, masker ini akan membuat kulitmu lembut dan lembab.

4. Mengatasi rambut bercabang

Pisang memiliki khasiat untuk mengatasi rambut bercabang. Kandungan vitamin A, C dan E di dalamnya dapat melembabkan dan memperkuat rambut. Untuk membuat masker rambut dari pisang, kamu cukup menyiapkan 1 buah pisang, 2 sendok makan yogurt dan air mawar. Hancurkan pisang dengan cara diblender hingga menjadi pasta. Tambahkan yogurt dan juga air mawar. Oleskan masker ini pada rambut dan diamkan selama sekitar satu jam. Terakhir, bilas dengan air bersih.

5. Untuk menghaluskan rambut

Pisang juga memiliki manfaat untuk menghaluskan rambut. Untuk membuat maskernya, siapkan bahan-bahan berupa 1-2 buah pisang, dan dua sendok teh madu. Hancurkan pisang hingga halus dan tambahkan madu lalu aduk hingga rata. Oleskan masker ini pada rambut secara menyeluruh. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air bersih. Oleskan masker pisang ini seminggu sekali untuk hasil yang lebih baik.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Sukses Menyusui Sampai 3,5 Tahun, Ini Rahasia Widi Mulia
21 07 2018
Ini Lho Manfaat Mencuci Wajah 2 Kali Sehari
19 07 2018
Meski Pahit, Madu Hitam Punya 5 Khasiat Yang Luar Biasa
17 07 2018
5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menyebabkan Timbulnya Nyeri Punggung
11 07 2018