...
no tags
Anggarini Paramita
21 May 2018

Jakarta, GoHitz.com – Berpuasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi semua usia dan kalangan, apakah itu tua-muda, wanita dan pria. Namun jika Anda memiliki penyakit maag akut apakah bisa berpuasa dengan khusyuk. Simak lima tipnya berikut ini, seperti dirangkum GoHitz dari beragam sumber.

1. Pilih makanan yang lambat dicerna

Tip pertama agar penderita maag lancar berpuasa selama bulan Ramadhan adalah memilih makanan yang lambat dicerna. Makanan seperti bubur oatmeal dan berbahan gandum merupakan makanan yang sangat cocok bagi penderita maag saat sahur karena kaya serat dan mengenyangkan.

2. Konsumsi kurma

Agar puasanya lancar selama Ramadan, penderita maag juga wajib mengonsumsi kurma. Buah ini mengandung segala macam sumber yang bagus untuk karbohidrat, ,serat dan kalium. Selain itu kurma juga menjadi stimulus agar asam lambung tidak naik.

3. Perbanyak air putih

Tip berikutnya adalah memperbanyak air putih. Banyak minum air putih bukan hanya mencegah asam lambung naik, namun juga mampu mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Dianjurkan minum delapan gelas per hari.

4. Hindari makanan pedas dan minuman masam

Penderita maag bisa lancar berpuasa selama Ramadan jika mereka mampu menahan diri untuk tidak tergoda menyantap makanan pedas dan mengonsumsi minuman masam seperti kopi atau jus jeruk. Menyantap jenis makanan dan minuman seperti itu saat berbuka atau sahur hanya akan membuat asam lambung dan menyebabkan nyeri bagi Anda.

5. Jangan langsung tidur setelah sahur

Sahur merupakan waktu makan sebelum berpuasa dimana Anda dalam kondisi mengantuk. Bagi penderita maag, disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan sahur karena hal ini hanya akan menyebabkan mual dan meningkatnya asam lambung.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock
 
 

Baca Juga




Baca Juga

Sukses Menyusui Sampai 3,5 Tahun, Ini Rahasia Widi Mulia
21 07 2018
Ini Lho Manfaat Mencuci Wajah 2 Kali Sehari
19 07 2018
Meski Pahit, Madu Hitam Punya 5 Khasiat Yang Luar Biasa
17 07 2018
5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menyebabkan Timbulnya Nyeri Punggung
11 07 2018