...
no tags
Anggarini Paramita
20 May 2018

Jakarta, GoHitz.com - Adakah Sobat GoHitz yang hampir setiap hari menghabiskan waktu di depan televisi? Kalau iya, berarti kamu sudah kecanduan televisi. Ini adalah hal yang serius. Terkena paparan televisi yang terlalu lama akan mengganggu kesehatanmu. Salah satunya adalah berdampak pada kesehatan mata. 

Maka dari itu, mulai dari sekarang Sobat GoHitz harus mengubah kebiasaan ini. Dilansir dari Lifealth, terdapat beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk melepaskan diri dari "jeratan" televisi. 

1. Pilihlah acara yang hanya ingin kamu tonton

Daripada tetap terpaku pada televisi sepanjang hari, kamu sebaiknya cukup memilih satu atau dua acara favorit yang ingin ditonton. Jangan mencari-cari acara lain yang sebenarnya tidak ada di daftar acara yang ingin ditonton. 

2. Lakukan kegiatan lain

Apa kira-kira yang bisa membuat kamu bahagia saat lepas dari televisi ? Cari tahu dan lakukan. Misalnya saja membaca, bersosialisasi, kumpul bersama teman, dan lain sebagainya. Cukup temukan hobi yang menyenangkan dan bersenang-senang tanpa televisi.

3. Cari kesenangan di luar

Orang-orang yang kecanduan menonton televisi berpikir bahwa itu adalah dunia mereka. Namun sejatinya, dunia yang sebenarnya sedang menunggu di luar sana. Jadi, pergilah ke luar dan nikmati kehidupan yang ditawarkan.

4. Pahami bahwa dunia televisi tidak dapat menggantikan dunia yang sebenarnya

Alasan paling menonjol untuk kecanduan televisi adalah orang mulai berpikir tentang dunia televisi sebagai milik mereka sendiri. Jadi, penting untuk mengubah pemikiran ini dan memahami bahwa televisi adalah sesuatu yang virtual. Ini akan memotong ikatan emosional dengan televisi.

5. Libatkan teman dan keluarga dalam mengatasi kecanduanmu

Mintalah bantuan ketika kamu memiliki kecanduan terhadap televisi. Libatkan teman-teman dan keluarga untuk mengawasi rutinitas televisimu. Jika kamu memiliki tekad, kamu bisa mengatasi kecanduan televisi tersebut. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Pertahankan Kecantikan Alami Melalui Rasio Kecantikan Ini
10 08 2018
5 Manfaat Kesehatan Dalam Jus Seledri
9 08 2018
Jangan Anggap Sepele Pori-Pori Besar Pada Wajah
7 08 2018
Produk Ini Manfaatkan Arang Hitam Untuk Membersihkan Kulit
7 08 2018