...
no tags
Anggarini Paramita
16 May 2018

Jakarta, GoHitz.com - Asupan cairan pada tubuh akan berkurang saat berpuasa. Hal tersebut ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Kulit akan menjadi lebih rentan kering. Ditambah lagi dengan kondisi cuaca di siang hari yang belakangan ini cukup terik. 

Menurut Dokter Pemerhati Kesehatan Kulit Biomedik Kekhususan Anti-Aging, dr. Ariana Suryadewi Soejanto, M. Biomed ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit menjadi kering selama berpuasa.  

"Di malam hari lebih banyakin ke moisturizer, krim malam, itu agar kulitnya bisa lebih moise dan enggak kering selama puasa," ujar dr. Ariana saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan, selain rajin menggunakan moisturizer dan krim malam pada malam hari, tip lainnya agar kulit tidak kering selama berpuasa adalah dengan rutin menggunakan sunblock, terutama pada saat melakukan kegiatan di luar ruangan pada siang hari. 

"Perlindungan terhadap sinar matahari itu penting banget. Nah habis sholat kan wudhu, biasanya kita lupa re-apply sunblock. Nah, jadi sunblock itu perlu di re-apply, dipakai lagi setelah wudhu," terang dr. Ariana. 

Ia juga menyarankan untuk memperbanyak mengonsumsi buah, sayur dan air putih pada saat berbuka puasa maupun sahur. Hal itu untuk menjaga kadar air pada tubuh tercukupi selama berpuasa. Dengan begitu kulit juga akan tetap terhidrasi.

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Paling Enak Berbuka Pakai Gorengan dan Minuman Dingin, Tapi Ini Risikonya!
21 05 2018
Penderita Maag? Ini Tip Agar Puasa Lancar!
21 05 2018
Begini Cara Mengatasi Kecanduan Televisi
20 05 2018
Ini Lho Sejuta Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Mulut
19 05 2018