...
no tags
Maria Cicilia Galuh
25 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Pernahkah Sobat GoHitz mendengar istilah batik pesisir? Batik pesisir adalah batik yang pembuatannya tidak dilakukan di wilayah Solo dan Yogyakarta. Sesuai namanya, batik ini dibuat di pesisir utara pulau Jawa, mulai dari Indramayu, Cirebon, Pekalongan, Lasem, hingga Madura.

Dalam sebuah acara bertajuk "Batik Pesisir Kancah Batik Niaga" yang digelar di Maze Kitchen, Synthesis Square, Jakarta, Rabu (25/4), Notty J. mahdi seorang pemerhati batik menjelaskan tentang batik pesisir, termasuk juga perdagangannya.

Dalam acara bincang ringan tersebut, Notty mendeskripsikan tentang batik-batik pesisir, misalnya saja batik Cirebon.

"Batik Cirebon berasal dari desa Trusmi dan Kalitengah. Ragam hias batik daerah ini disusun dengan dinamis, ritmis dengan gaya perpaduan ragam hias Tionghoa,' ucap Notty dalam sesi bincang-bincang tersebut.

Batik-batik pesisir memiliki ciri khas tersendiri, tergantung di daerah mana batik tersebut dibuat. Batik Indramayu memiliki ciri khas langgam atau motif bertema flora dan fauna. 

Sementara batik Lasem banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Tionghoa. Batik Lasem, kata dia, terkenal dengan warna merah getih pitik.

"Kalau batik Pekalongan ragam hiasnya senantiasa silih berganti, dinamis dan mengikuti perkembangan pasar," terang perempuan yang mulai meneliti batik pesisir sejak 2004 tersebut.

Untuk perdagangannya, batik pesisir banyak mengalami dinamika perkembangan di kalangan pengusaha Tionghoa dan Muslim. Batik-batik pesisir banyak diperjual belikan ke berbagai daerah di luar pulau Jawa, seperti Medan, Bengkulu dan Jambi. Bahkan ada pula batik pesisir yang dijual hingga ke luar negeri.

"Ada kain batik Pekalongan itu ditemukan oleh seorang kolektor di pasar barang antik di Hong Kong. Sebelumnya, kain itu dijual oleh seseorang asal Inggris. Orang tersebut beli batik itu di Hong Kong. Jadi batik pesisir ini sudah jalan-jalan, enggak cuma di Jawa," tandasnya.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

Bukan Cuma Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik
19 06 2018
Pesona Masjid Raya Kota Bandung yang Bersejarah
14 06 2018
5 Fakta Menarik Dewa Perang Ares
5 06 2018
Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
29 04 2018