...
no tags
Anggarini Paramita
19 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Tradisi mudik ketika Lebaran telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Dalam momen tersebut, masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan libur Lebaran. Namun, ternyata tradisi mudik tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Beberapa negara di belahan dunia lain juga memiliki tradisi mudik yang serupa dengan di Indonesia. Berikut GoHitz berikan rangkuman lima negara yang juga punya tradisi mudik.

Bangladesh

Pertama ada negara Bangladesh yang masyarakatnya juga punya tradisi mudik, tepatnya pada momen hari raya Idul Fitri. Hal ini wajar karena Bangladesh merupakan negara dengan mayoritas muslim. Sama seperti di Indonesia, aktivitas mudik sudah terlihat sejak beberapa hari sebelum Idul Fitri. Biasanya masyarakat Bangladesh akan memadati stasiun dan pelabuhan demi bisa pulang ke kampung halaman. 

Tiongkok

Masyarakat di negara Tiongkok juga memiliki tradisi mudik. Biasanya hal tersebut terjadi ketika hari raya Imlek tiba. Sebagian masyarakat Tionghoa  memilih untuk merayakan Imlek dengan pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Fenomena mudik di Tiongkok, bahkan menjadi yang terbesar lantaran jumah penduduk negara ini yang paling banyak di dunia.

India

Di negara India tradisi mudiknya beda lagi. Setiap tahun masyarakat India akan pulang kampung untuk merayakan Diwali. Perayaan Diwali atau Festival Cahaya ini diadakan selama lima hari berturut-turut. Masyarakat India juga sudah ramai memadati stasiun kereta api untuk pulang ke kampung halaman. Para pemudik juga harus berjejal dengan wisatawan dari penjuru dunia yang juga ingin menyaksikan perayaan Diwali.

Korea Selatan

Negeri Ginseng juga punya tradisi mudik yang sering dilakukan oleh masyarakatnya pada perayaan Chuseok. Perayaan ini sering juga disebut sebagai hari panen yang dijadikan libur resmi dan dirayakan secara besar-besaran. Chuseok juga jadi kesempatan masyarakat Korea Selatan untuk menghabiskan waktu dengan makan dan minum bersama keluarga sambil mengucapkan syukur kepada arwah leluhur.

Mesir

Terakhir, ada negara Mesir yang juga punya tradisi mudik. Hanya saja tradisi mudik di Mesir sedikit beda dengan di Indonesia. Jika di Indonesia puncak arus mudik terjadi pada perayaan Idul Fitri. Sedangkan, di Mesir puncak arus mudik justru terjadi saat menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban.

Teks : Yogi Rachman
Editor : Paramita
Foto : Pelbagai sumber

 

Baca Juga




Baca Juga

Pesona Tujuh Suku yang Menjadi Kekayaan Budaya Teluk Bintuni
24 07 2018
Pesona Masjid Raya Kota Bandung yang Bersejarah
14 06 2018
5 Fakta Menarik Dewa Perang Ares
5 06 2018
Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
29 04 2018