no tags
Aji Cakti
14 June 2018

Bandung, GoHitz.com – Masjid Raya Kota Bandung atau akrab disebut juga sebagai Masjid Agung Bandung merupakan salah satu masjid tertua dan paling bersejarah yang masih berdiri di kota kembang serta selalu dikunjungi wisatawan.

Masjid ini memiliki tiga kubah, yakni satu kubah utama dan dua kubah kecil. Selain itu, Masjid Raya Kota Bandung juga dikenal sebagai masjid yang diapit dua menara kembar yang tinggi di kedua sisinya.

Masjid ini seringkali menjadi destinasi utama masyarakat Bandung dan wisatawan untuk melakukan sejumlah ibadah penting, seperti Salat Jumat, Salat Idul Fitr,i dan Salat Idul Adha. Daya kapasitas tampung jemaah di masjid tersebut yang mencapai sekitar 14 ribu orang tentunya mampu menangani limpahan pengunjung di hari-hari raya atau ibadah penting umat Islam.

Masjid yang berdiri di atas tanah wakaf Raden Adipati Aria Wiranatakusumah IV ini juga memiliki dua bagian utama. Bagian pertama saat Sobat GoHitz memasuki pintu masuk masjid ini merupakan bagian ruang dalam depan. Ruangan ini selain digunakan untuk beribadah biasanya digunakan juga sebagai aktivitas pengajian hingga lokasi istirahat bagi para jamaah.

Ruang kedua atau disebut juga ruang utama dari Masjid Raya Kota Bandung ini adalah ruang shalat utama. Di ruangan ini Anda bisa beribadah sekaligus mengagumi keindahan desain interior yang menawan.

Desain interior ruang salat utama masjid tersebut bercorak seni budaya Islami tatar Sunda. Hal ini bisa Kamu lihat di bagian mimbar Khatib berhias seni kaligrafi berwarna emas serta tata cahaya hijau yang menawan.

Selain itu, Kamu juga bisa melihat kemegahan kubah utama dari Masjid Raya Kota Bandung di bagian ruang shalat utama ini. Kubah utama dari masjid tersebut memiliki diameter sekitar 30 meter dan memiliki motif hiasan dengan dominasi warna biru serta putih.

Buat Kamu yang saat ini singgah atau mudik ke Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi bahkan melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Raya Kota Bandung agar bisa menikmati langsung beragam pesonanya.

Teks & Foto : Aji Cakti
Editor : Paramita
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Bukan Cuma Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik
19 06 2018
5 Fakta Menarik Dewa Perang Ares
5 06 2018
Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
29 04 2018
Kenalan Sama Batik Pesisir Yuk!
25 04 2018