...
no tags
Anggarini Paramita
5 June 2018

Jakarta, GoHitz.com – Siapa tidak kenal Ares! Dewa perang yang pernah dipuja rakyat Yunani kuno sebagai dewa yang bisa memenangkan banyak perang. Namun tahukah Anda bahwa Ares selain dipuja juga dipandang sebagai sosok yang dibenci, penasaran? Simak lima fakta menariknya berikut ini.

1. Dipuja demi menang perang

Ares merupakan salah satu dewa yang dipuja agar prajurit atau ksatria tidak terkalahkan dan mampu memenangkan perang di semua palagan. Dukungan dari Ares biasanya berupa bala bantuan pasukan surgawinya atau terkadang sang dewa sendiri langsung terjun ke medan perang.

2. Model bagi prajurit Sparta

Prajurit Sparta sampai sekarang dianggap sebagai model prajurit sempurna di dunia. Tubuh atletis, fisik sekuat baja, dan sanggup menahan gempuran bertubi-tubi merupakan ciri-ciri utama yang dimiliki prajurit Sparta.

Namun tahukah Anda bahwa model prajurit Sparta dibentuk berdasarkan persepsi wujud fisik sang dewa perang Ares. Dari sekian banyak dewa-dewi Olympus, Ares memang dikenal sebagai dewa yang tampan dan bertubuh macho sehingga banyak wanita, bahkan saudarinya dewi cinta Aphrodite, tergila-gila padanya.

3. Pendiri Kota Thebes

Ares bukan hanya menggilai perang, sang dewa juga dianggap pernah berkontribusi secara positif dengan mendirikan Kota Thebes bersama seorang ksatria bernama Cadmus. Cadmus sendiri ketika diangkat menjadi raja Thebes memilih Harmonia, putri Ares sekaligus pemimpin ksatria wanita Amazon, sebagai ratunya.

4. Haus darah dan kehancuran

Kendati dipuja sebagai dewa perang, Ares juga dipandang sebagai sosok yang dibenci. Sang dewa perang dibenci karena dirinya hanya menghendaki kehancuran dan haus darah demi memuaskan ego dewanya semata.

5. Selingkuh dengan Aphrodite

Kebencian terhadap Ares tidak hanya datang dari manusia biasa namun juga dari sesama dewa Olympus. Ares merupakan dewa yang gemar sekali selingkuh dengan saudarinya dewi Aphrodite, yang notabene istri sah dari dewa pandai besi Hephaestus. Skandal cinta segi tiga ini tentu saja menjadi benih permusuhan antara Hephaestus dan Ares, dimana keduanya masih memiliki hubungan saudara.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : 9game

 

Baca Juga




Baca Juga

Pesona Tujuh Suku yang Menjadi Kekayaan Budaya Teluk Bintuni
24 07 2018
Bukan Cuma Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik
19 06 2018
Pesona Masjid Raya Kota Bandung yang Bersejarah
14 06 2018
Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
29 04 2018